Rabu, 23 April 2014

Cara Mengatasi Dead Pixel LCD Monitor

Cara Mengatasi Dead Pixel LCD Monitor

Posted by on Thursday, February 20th 2014. | Memperbaiki LCD, Tips Komputer
Tips Memperbaiki Dead Pixel Pada LCD,Jaman sekarang ini mungkin sudah banyak yang beralih ke monitor jenis LCD. Terkadang muncul titik di layar dan tidak menampilkan wana dengan baik akibat penggunaan LCD beberapa lama.
Titik pada layar LCD tersebut dikenal dengan Dead Pixel atau juga Stuck Pixel.Dead Pixel sering terjadi pada produk LCD : seperti Notebook, Televisi, HP/PDA, DVD Portable, MP4, Digital Camera, dsb. Jadi tidak hanya terjadi pada Notebook saja.
Mengatasi Dead Pixel LCD Monitor

Bagaimana Bisa Terjadi Dead Pixel pada LCD ?

  1. Apabila pixel selalu menyala dan tidak dapat mati, sehingga selalu menampilkan titik putih. Ini di-istilahkan dengan Hot Pixels atau Bright Pixel.
  2. Apabila pixel mati total, sehingga selalu menampilkan titik warna hitam. Ini di-istilahkan dengan Dead Pixels atau Dark Pixel.
  3. Apabila satu atau dua sub-pixel selalu menyala, atau keduanya mati total, sehingga menampilkan warna-warni seperti merah, biru dan hijau. Ini di-istilahkan dengan Stuck Pixels.
Setiap satu subpixel itu diwakili oleh satu buah transistor yang menembakkan citra warna dasar. Ketika salah satu transistor bermasalah (defect), maka dapat dipastikan pencitraan akan mengalami bias (tidak sesuai). Jadi secara teknis, kerusakan pada pixel disebabkan oleh problem di transistornya. Dot Pixel lebih banyak terjadi pada LVCD monitor yang menggunakan fitur TFT (thin film transistor), atau lebih dikenal dengan istilah layar aktif.
Baca Juga : Penyebab Komputer Mati Restart Sendiri
Perbaikan dot pixel sangat sulit dilakukan, karena transistor tersebut dicetak pada lembaran film tipis yang ditaruh dibalik layar. Lembaran ini seperti sebuah PCB elektronik dalam bentuk yang lebih elastis. Dari sisi ekonomis, perbaikan ini juga mustahil dilakukan karena biaya dan pekerjaannya sangat rumit & mahal. Tapi Jangan Khawatir karena sekarang tersedia Ebook Panduan Untuk Memperbaiki Dead Pixel pada LCD Monitor dibawah ini :
Dengan Ebook diatas pekerjaan anda akan sedikit ringan karena terdapat panduan yang lengkap untuk yang masih pemula ataupun sudah mahir komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar